//
you're reading...
ARTIKEL

“Skywalk” Jadi Fokus Tahap II


Penulis   : Tri Joko Her Riadi

Sumber  : Pikiran Rakyat 4 April 2017

Untuk membaca dan mengunduh Klipping Klik Gambar lalu Zoom. (semoga bermanfaat)

BANDUNG, (PR).- Karena keterbatasan dana, proyek revitalisasi Hutan Kota Babakan Siliwangi bakal dikerjakan dalam tiga tahun anggaran. Di tahun kedua ini, Pemkot Bandung fokus menuntaskan infastruktur jembatan skywalk dengan total dana Rp 13 miliar.

Revitalisasi Babakan Siliwangi awalnya direncanakan beres dalam dua tahun anggaran, pada 2016 dan 2017. Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman, Pertanahan dan Pertamanan (DPKP3) Kota Bandung mengusulkan alokasi dana Rp 26 miliar dalam pembahasan APBD 2017. Namun, DPRD memotong anggaran itu menjadi separuhnya.

Revitalisasi tahap pertama hutan kota seluas 3,8 hektare di sebelah kampus ITB itu tuntas dikerjakan  Januari 2017, atau terlambat sekitar satu bulan dari batas akhir tahun anggaran 2016. Dengan dana APBD mencapai Rp 9,6 miliar, proyek tersebut telah memasang konstruksi jembatan baja sepanjang tak kurang dari 200 meter.

“Karena proyek revitalisasi jadinya dikerjakan dalam tiga tahun ang­gar­an, kami melakukan beberapa penyesuaian. Termasuk perbaikan beberapa desain rinci sesuai arahan Wali Kota Ridwan Kamil,” tutur Kepala DPKP3 Kota Bandung Arif Prasetya, Senin, 3 April 2017.

Ia menjelaskan, revitalisasi tahap kedua akan fokus menyelesaikan kelanjutan konstruksi jembatan baja. Nantinya, jembatan bagi pengunjung untuk berjalan-jalan itu, akan me­liuk-liuk dari pintu masuk utama di Jalan Siliwangi hing­ga menjelang pintu masuk Sabuga.

Penggantian beberapa desain rinci membuat DPKP3 harus berhitung ulang. Ini yang membuat proyek tersebut belum diunggah di laman LPSE Kota Bandung. Arif menargetkan proses lelang bakal dimulai pada April ini.

Proyek revitalisasi tahap pertama dikerjakan PT Ratu Karya, sebuah perusahaan asal Jakarta. Karena ti­dak bisa menuntaskan pekerjaan pada akhir Desember 2016, mereka ha­rus melanjutkan penyelesaian proyek dengan menanggung denda harian. Dengan proses lelang dibuka kembali, revitalisai tahap kedua bisa di­kerjakan oleh perusahaan berbeda.

“Tidak masalah nanti perusahaan lain yang menang dan melanjutkan proyek. Apa yang dimaui Pemkot Bandung, semua spesifikasinya, sudah sangat jelas. Kami tidak khawatir ada perbedaan mutu atau masalah yang lain,” kata Arif.

Proyek revitalisasi Babakan Siliwangi bukannya tanpa kontroversi. Walhi Jabar menyatakan ketidaksetujuan dengan konsep yang diusung pemkot. Mereka menilai, pemba­ngun­an konstruksi jembatan baja   di hu­tan kota merupakan kebijakan kontraproduktif.

“Tidak semua taman harus direvitalisasi dengan tujuan bisa dikunju­ngi sebanyak mungkin orang. Apalagi, status Babakan Siliwangi sudah jelas, sebuah hutan kota. Mestinya,  revitalisasinya berbeda,” kata Direktur Walhi Jabar, Dadan Ramdan.

Arif Prasetya menjelaskan, dalam revitalisasi tahap ketiga tahun ang­garan 2018, akan dibangun beberapa infrastruktur baru di dalam kawasan. Salah satunya, sebuah lokasi bagi acara akad nikah. Menurut Arif, hal itu mengikuti tren nikah luar ruangan yang semakin digemari warga.

Revitalisasi tahap tiga juga bakal me­mindahkan Kantor Kelurahan Ba­bakan Siliwangi ke lokasi baru, tak jauh dari jalan masuk Sabuga. Kantor itu bakal menjadi kantor yang dibangun di atas pohon. “Bukan saja unik karena menjadi kantor pertama di atas pohon, tapi juga memudah­kan warga mengakses layanan. Kalau selama ini kan kantor ada di bawah sehingga tidak strategis,” ujar Arif.

Wacana lain yang dikaji adalah pembuatan akses yang menghubung­kan Babakan Siliwangi dengan Teras Cikapundung. Diharapkan koneksi itu bisa memudahkan warga dalam menikmati waktu mereka di ruang terbuka.***

Save

Iklan

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

My ART

#saveXpalaguna

gerakan seniman & warga Bandung untuk pemanfaatan ex lahan pertokoan Palaguna menjadi RTH dan Cagar Budaya

Follow TandaMata BDG on WordPress.com

My Instagram

Usai Pengajian di Percikan Iman - Mesjid Telkom University
#menggambar pake #telunjuk yang ketiga di HP ini masih jauh dari sempurna, tapi lumayan lah untuk melancarkan.
#art #drawing #sketch #sketchbook #sketchwalker #sketchurban #telkomuniversity #bandung Kalau sebelumnya "menggambar pake telunjuk" di HP karena tak bawa alat+media gambar, kali ini karena situasional.
Selalu ada saja saat-saat dimana "passion" menggambar lagi tinggi tapi situasi tidak memungkinkan. Di dalam pesawat terbang misalnya. 
Dalam situasi seperti ini "ngagambar ku curuk" jadi sangat masuk akal. Walau belum belajar tekniknya yg bener,, baru pake ilmu "kumaha aing we", menggambar dengan telunjuk mengasyikkan juga. Sepertinya ke depan akan saya jadikan alternatif (kaduhung teu ti baheula nyobaan na)
#art #drawing #sketchbook #sketch #sketchwalk #airplane #nam #surabaya Ngudud Dji Sam Soe segese gini kapan habisnya ya? 
#cigarette #234 #sampoerna #museum #houseofsampoerna #surabaya Hotel Geulis Dago Bandung
#art #drawing #painting #watercolor #drawingpen #urbansketch #hotel #dago #bandung #sketch #sketchwalker #hotelgeulisdago Kembali ke Khitah
Saat pulang ke Bandung  saya kangen nyeket di Bandung yg sejuk.  Alhamdulillah beberapa teman di Minggu tadi pada ngumpul di Car Free Day DAGO.  Jadi deh DIGODA DAGO
#art #drawing #sketch #sketchwalker #cfd #dago #bandung #seniman Utk pertamakalinya menggambar pake TELUNJUK

Terkadang (bahkan sering) yang dibutuhkan cuma ngopi alakadarnya. Cukup kopi seduh.
Di Bratang Jaya Surabaya ada sebuah warung kopi seduh. Tempatnya luas, 2 lantai lagi Buka 24 Jam. Harganya cuma 3000 perak. Menarik,, makanya penuh banget.
Saat ngopi nyesel juga nggak bawa Sketchbook. Cuma ingat ada aplikasi Autodesk Sketchbook di HP. Ini pertamakalinya menggambar pake telunjuk. Rada susah sih dan untuk hasil seperti ini rasanya kelamaan waktu yg dihabiskan, Tapi lumayanlah, dan asyik juga lah
#art #drawing #sketchbook  #sketch #sketchwalker #warkop #warungkopi #murah ' Gazeebo dekat Rektorat Kampus ITS
#art #drawing #watercolor #gazeebo #its #rektorat #sketch #sketchwalker Sambl menunggu anak herregistrasi di Kampus ITS Surabaya
#art #drawing #sketch #sketchwalker #Its #surabaya #herregistrasi Ngopi
#coffetofee #post #coffee #surabaya #myson Alih-alih merasa sendirian di Surabaya, eh ada orang Sekeloa alumnus  Fakultas Ilmu Komunikasi Unpad  Angkatan 1990 tinggal disana dan putranya sama-sama diterima satu fakultas dgn  Elang. Setelah 22 tahun tak bertemu, Rainy Safitri Inge sepertinya tak banyak berubah. 
Terinakasih banyak atas jamuan makan siangnya, info tentang kost, kunjungan ke Museum Sampoerna dan bantuan kemudahan transportasi selama di Surabaya. Salam buat keluarga. Semoga segala kebaikan Inge & keluarga berbalas berkah berlimpah.
#its #surabaya #alumni #fikomunpad #culinary Tiba ....
#its #surabaya ##arsitektur Seneng rasanya lihat anak-anak kompak saling jaga saling bina #menuju_ITS #raihmimpi #arsitektur #its SIDAK ke Lapak Seniman CFD Dago, sepertinya formasi belum lengkap. Masih berlibur? 
#art #artist #painter #masters #cfd #dago #bandung Silaturahmi ke senior
#idulfitri #halalbihalal #maestro #painter #art #artist Kuda Liar tapi Soleh
#art #drawing #watercolor #spidol #horse #white #sketch #pray Beberes halaman belakang #menunggutukang #ngaduk #tembok #teras #halamanrumah #halamanbelakangrumah #kawalu #tasikmalaya Perang Gobang
#art #drawing #watercolor #spidol #game #traditional Sawer Receh
#lebaran #idulfitri #mudik #cicariang #kawalu #tasikmalaya Puntennya palawargi sadaya ditampina lesehan, maklum teu acan gaduh parabotan
#mudik #cicariang #kawalu #tasikmalaya #idulfitri #lebaran Selamat Hari Raya Idul Fitri. Kami sekeluarga Mohon Maaf atas segala kesalahan, terasa dan atau tidak sengaja.. Semoga amal ibadah kita selama bulan Ramadan diterima Allah SWT. Amin..
#idulfitri #lebaran

Pengunjung Blog

  • 53,519 hit

Pengunjung Online

%d blogger menyukai ini: