//
you're reading...
ARTIKEL

“Skywalk” Jadi Fokus Tahap II


Penulis   : Tri Joko Her Riadi

Sumber  : Pikiran Rakyat 4 April 2017

Untuk membaca dan mengunduh Klipping Klik Gambar lalu Zoom. (semoga bermanfaat)

BANDUNG, (PR).- Karena keterbatasan dana, proyek revitalisasi Hutan Kota Babakan Siliwangi bakal dikerjakan dalam tiga tahun anggaran. Di tahun kedua ini, Pemkot Bandung fokus menuntaskan infastruktur jembatan skywalk dengan total dana Rp 13 miliar.

Revitalisasi Babakan Siliwangi awalnya direncanakan beres dalam dua tahun anggaran, pada 2016 dan 2017. Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman, Pertanahan dan Pertamanan (DPKP3) Kota Bandung mengusulkan alokasi dana Rp 26 miliar dalam pembahasan APBD 2017. Namun, DPRD memotong anggaran itu menjadi separuhnya.

Revitalisasi tahap pertama hutan kota seluas 3,8 hektare di sebelah kampus ITB itu tuntas dikerjakan  Januari 2017, atau terlambat sekitar satu bulan dari batas akhir tahun anggaran 2016. Dengan dana APBD mencapai Rp 9,6 miliar, proyek tersebut telah memasang konstruksi jembatan baja sepanjang tak kurang dari 200 meter.

“Karena proyek revitalisasi jadinya dikerjakan dalam tiga tahun ang­gar­an, kami melakukan beberapa penyesuaian. Termasuk perbaikan beberapa desain rinci sesuai arahan Wali Kota Ridwan Kamil,” tutur Kepala DPKP3 Kota Bandung Arif Prasetya, Senin, 3 April 2017.

Ia menjelaskan, revitalisasi tahap kedua akan fokus menyelesaikan kelanjutan konstruksi jembatan baja. Nantinya, jembatan bagi pengunjung untuk berjalan-jalan itu, akan me­liuk-liuk dari pintu masuk utama di Jalan Siliwangi hing­ga menjelang pintu masuk Sabuga.

Penggantian beberapa desain rinci membuat DPKP3 harus berhitung ulang. Ini yang membuat proyek tersebut belum diunggah di laman LPSE Kota Bandung. Arif menargetkan proses lelang bakal dimulai pada April ini.

Proyek revitalisasi tahap pertama dikerjakan PT Ratu Karya, sebuah perusahaan asal Jakarta. Karena ti­dak bisa menuntaskan pekerjaan pada akhir Desember 2016, mereka ha­rus melanjutkan penyelesaian proyek dengan menanggung denda harian. Dengan proses lelang dibuka kembali, revitalisai tahap kedua bisa di­kerjakan oleh perusahaan berbeda.

“Tidak masalah nanti perusahaan lain yang menang dan melanjutkan proyek. Apa yang dimaui Pemkot Bandung, semua spesifikasinya, sudah sangat jelas. Kami tidak khawatir ada perbedaan mutu atau masalah yang lain,” kata Arif.

Proyek revitalisasi Babakan Siliwangi bukannya tanpa kontroversi. Walhi Jabar menyatakan ketidaksetujuan dengan konsep yang diusung pemkot. Mereka menilai, pemba­ngun­an konstruksi jembatan baja   di hu­tan kota merupakan kebijakan kontraproduktif.

“Tidak semua taman harus direvitalisasi dengan tujuan bisa dikunju­ngi sebanyak mungkin orang. Apalagi, status Babakan Siliwangi sudah jelas, sebuah hutan kota. Mestinya,  revitalisasinya berbeda,” kata Direktur Walhi Jabar, Dadan Ramdan.

Arif Prasetya menjelaskan, dalam revitalisasi tahap ketiga tahun ang­garan 2018, akan dibangun beberapa infrastruktur baru di dalam kawasan. Salah satunya, sebuah lokasi bagi acara akad nikah. Menurut Arif, hal itu mengikuti tren nikah luar ruangan yang semakin digemari warga.

Revitalisasi tahap tiga juga bakal me­mindahkan Kantor Kelurahan Ba­bakan Siliwangi ke lokasi baru, tak jauh dari jalan masuk Sabuga. Kantor itu bakal menjadi kantor yang dibangun di atas pohon. “Bukan saja unik karena menjadi kantor pertama di atas pohon, tapi juga memudah­kan warga mengakses layanan. Kalau selama ini kan kantor ada di bawah sehingga tidak strategis,” ujar Arif.

Wacana lain yang dikaji adalah pembuatan akses yang menghubung­kan Babakan Siliwangi dengan Teras Cikapundung. Diharapkan koneksi itu bisa memudahkan warga dalam menikmati waktu mereka di ruang terbuka.***

Save

Iklan

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

My ART

#saveXpalaguna

gerakan seniman & warga Bandung untuk pemanfaatan ex lahan pertokoan Palaguna menjadi RTH dan Cagar Budaya

Follow TandaMata BDG on WordPress.com

My Instagram

Sebuah sudut kampus ITB 
#art #drawing  #painting #ink #inktober #inktober2017 #inktoberindonesia #inktoberindonesia2017 #itb #fsrditb #campus #bdgconnex #instaart #instagood #tbt #lfl Ba'da Jumatan, usai makan siang, masih tersisa 1/2 jam ke sesi Lounching Bdg Connex
Saat "ngadu bako" dgn @rendrasantana di parkiran @galeri_soemardja
Saya : " Nyeket yu Ren"
Rendra : "Hayu," sembari mengeluarkan sketchbook dan alat gambar.
Tuuuh kan, bawa buku gambar dan ready nyeket dimana pun, kapan pun, bagi "kami" mah sesuatu yang lumrah atuh. Panuju kulaaaaan???
#art #drawing #sketch #galerisoemardja #fsrditb #bdgconnex #instaart #instagood #instasketch #inktoberindonesia #ink #inktober #inktober2017 #inktoberindonesia2017 Launching Bandung Connect 2017
#art #exhibition #bdg #connect #artist #instaart #instagood #bdgconnex Bincang Kampung Kreatif dgn Kang Rahmat Jabaril di Bekraf Creative Labs -SINERGI SENIRUPA - fsrd ITB
#art #artist #planning #exhibition #bdg #connect #bdgconnect #bdgconnection #instaart #instaartist #bdgconnex Bincang Industri Kreatif dgn Bekraf dan Ekosistem Seni Rupa du Aula Timur ITB Hari pertama 3 sesi, wareg dan masih banyak menyisakan pertanyaan. Hari kedua, Insya Alloh banyak jawaban yg dibutuhkan muncul
#art #artist #discussion #fsrd #itb #sinergisenirupa #bekraf #instaart #instagood Masih tentang Gempol Enclave..... Sssst.... Jangan lupa Kupat Tahu dan Roti Bakar nya
#art #sketch #drawing #ink #inktober #inktober2017 #inktoberindonesia #inktoberindonesia2017 #instaink #instainked #instainklife #instaart #instagood #tbt #tbt🔙 #lfl Sebuah Rumah sebrang Taman Gempol. Lucu, di puncak genting diganti piramida kaca. (foreground bisa berperan sbagai bingkai dan atau menyembunyikan bagian tidak nenarik)
#art #artwork #painting #drawing  #enclave #gempol #taman #foreground #lfl #tbt #instaart #instagood #instadraw #instapaint Ke Sanggar Olah Seni Babakan Siliwangi, lagi pada bikin kontruksi buat Parade & Light Instalation "LIGHTFEST" di Bandung 29 Oktober 2017. Reueus lamun dulur proyekna berkelanjutan. Semoga segalanya berjalan lancar.
#art #parade #lighfest #2017 #bandung #sos #sanggarolahseni #instaart #instagood #tbt Nyeket Ki Daus mah bisa kapan saja, tapi nyeket maestro Basuki Bawono sedang melukis model Ki Daus sepertinya akan jadi pengalaman sekali seumur hidup
.
#inktober #inktober2017 #art #painting #painter  #watercolor #inktoberindonesia #instaart #instaartist #instagood #basukibawono #kidaus #instapaint #instapainting #tbt #lfl Bincang Industri Kreatif dengan sohib saat S2 FSRD ITB Kang @yayatkoyak di markas @thepanasdalam . Saat percakapan lebih mengutub ke produksi film untuk Papua  @jnarotama ikut bergabung. Klop atuh lah ... (Nuhun Kang @pidibaiq atas dongeng Helen Sukanta dan tempat yang menyenangkan)
#ngopi #bincangsore #seni #art #creativeindustry #panasdalam #film #papua #instaart #instagood #tbt Saat lewat tanjakan Malangbong Garut, tiba di puncak (desa?) Cipeundeuy. Rehatlah sejenak. Disana banyak gang menuju perkampungan dan ... banyak obyek menarik untuk disket #inktober #inktober2017 #inktoberindonesia #art #drawing #sketch #ink #instaink #instadraw #instaartist #instaart #instagood #tbt Ups banyak juga yg berpartisipasi
#girlsday #girlsdayout #girl #girlday #art #drawing #sketch #instagood #instasketch #tbt #instaart #inktober #inktober2017 #inktoberindonesia Alhamdulillah rumah kedua di Tasik penghilang stress (sekaligus beberapa bulan bikin stress) sudah beres. Saat ditinggal cuma pintu pagar yg belum terpasang dan cat teras pagar masih belang. Sekarang sudah tuntas..tas..tas. Semoga berkah. 
#rumahkedua #cicariang #kawalu  #tasikmalaya Hi Girls, Happy International Day of the Girls on October 11
#art #instaart #girl #happy #girlsday #girlday #internationalgirlsday #sometimes #internationalofthegirlsday #beautiful #cute #smart #lowprofile #free #independent #selfconfidence #winner #inktober #inktober2017 Gang Duka Teuing
#art #drawing #sketch #sketchbook #pen #ink #inktober #instaart #lfl #onthespot #kawalu #tasikmalaya #tbt Bergaya dengan senior @teddy_suchyart & @benjaminkosasih di mural karya Guru-guru Seni Rupa 3 Negara (indonesia Malaysia Singapura)
#art #painting #exhibihition #mural #teacher #indonesia #malaysia #singapura #rumpun #instaart #instagood Paageung- ageung huap saat Botram Liwet Kebersamaan menjelang penutupan Pameran Rumpun 3 Negara #2
#closing #art #painting #exhibihition #3 #negara #malaysia #indoneaia #singapura Botram Ngampar neda "Liwet Kebersamaan" saat penutupan Pameran Rumpun 3 Negara Jilid #2 (Indobesia, Malaysia, Singapura)
#art #closing #painting #exhibihition #rumpun #3 #indonesia #malaysia #singapura Bareng Maestro & Karyannya
#art #painter #exhibition #soekarno #instaart #instagood #painting #basukibawono #bankzoel #iyariyana #tbt #lfl Satu Dua Satu Dua .... Juara
#game #traditional #dies #diesnatalis #fikomunpad #2017 #hbd #tbt #lfl

Pengunjung Blog

  • 60,083 hit

Pengunjung Online

%d blogger menyukai ini: