//
you're reading...
ARTIKEL, saveXpalaguna

Ekspresi Seni Budaya Guna Merespon ‘Artefak’ Palaguna


#saveXpalaguna

Sumber  : elJABAR.com

BANDUNG, eljabar.com —  Seorang seniman dalam berkarya selalu berpijak pada faktor lingkungan yang mempengaruhi dalam proses penciptaan karyanya. Faktor itu antara lain Lingkungan sosial, budaya dan politik (selain faktor internal pribadi masing – masing seniman).

Suatu gejolak atau peristiwa yang dianggap seorang seniman dapat menjadi inspirasi untuk proses berkarya, disitulah Seniman mengadopsi ke dalam karyanya. Tentunya faktor tersebut hanya sebagai pemicu saja, selebihnya seniman mengolah sendiri tergantung hasil akhir proses kreatif nya tercapai.

Seni musik, seni rupa, atau teater mempunyai kesamaan dalam proses penciptaan, cuma perbedaannya ada pada elemen-elemen yang digunakan.

Sebuah karya biasanya didapat inspirasinya karena faktor lingkungan sosial/bersifat kritik sosial yang dituangkan berujud sebuah karya. Pertimbangan seniman dalam mengeksplorasi karyanya bisa memotifasi orang-orang yang melihatnya atau mendengarkan karya tersebut untuk dicermati.

Gelar seni budaya ini digagas oleh komunitas seniman dan budayawan Bandung, antara lain: Heri Dim, Rahmat Jabaril, Tisna Sanjaya, Teddy Suchyar, Basuki Bawono, Bang Zoel, Ine Arini serta didukung beberapa seniman lainnya.

Menyikapi rencana pemerintah Jawa Barat akan dibangunnya lahan eks Palaguna sebagai kawasan komersial, disikapi para seniman dan budayawan Bandung lewat proses kreatif berkesenian, antara lain melukis, pembacaan sajak, musik, tari, serta performance art bertema “Save X Palaguna” ini digelar selama dua hari pada Selasa dan Rabu, 14 – 15 Maret 2017 di kawasan eks Palaguna Jl. Asia – Africa Bandung.

Mereka mengeksplorasi karya seninya sebagai bentuk protes ketidak setujuannya terhadap rencana pemerintah Jawa Barat. Komunitas seniman ini mewakili warga masyarakat Jawa Barat yang menghendaki agar eks Palaguna dijadikan Taman Hutan Kota atau Ruang Terbuka Hijau.

Martha Topeng selaku panitia acara mengatakan, gelaran ini simbol dari warga masyarakat Jawa Barat, khususnya warga Bandung agar lahan eks Palaguna dijadikan Ruang Hijau Terbuka dengan tidak dijadikan kawasan komersial.

Di tempat yang sama, penyair Bandung, Deddy Koral yang ikut terlibat dalam pagelaran ini menyatakan, pihaknya akan terus berupaya agar pemerintah mendengar apa yang diinginkan masyarakat Bandung. “Saya mengikuti terus gerakan ini, berhasil dan tidak berhasilnya kita tidak tahu yang penting kami sudah berupaya,” paparnya. (elly)

Save

Iklan

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

My ART

#saveXpalaguna

gerakan seniman & warga Bandung untuk pemanfaatan ex lahan pertokoan Palaguna menjadi RTH dan Cagar Budaya

Follow TandaMata BDG on WordPress.com

My Instagram

Usai Pengajian di Percikan Iman - Mesjid Telkom University
#menggambar pake #telunjuk yang ketiga di HP ini masih jauh dari sempurna, tapi lumayan lah untuk melancarkan.
#art #drawing #sketch #sketchbook #sketchwalker #sketchurban #telkomuniversity #bandung Kalau sebelumnya "menggambar pake telunjuk" di HP karena tak bawa alat+media gambar, kali ini karena situasional.
Selalu ada saja saat-saat dimana "passion" menggambar lagi tinggi tapi situasi tidak memungkinkan. Di dalam pesawat terbang misalnya. 
Dalam situasi seperti ini "ngagambar ku curuk" jadi sangat masuk akal. Walau belum belajar tekniknya yg bener,, baru pake ilmu "kumaha aing we", menggambar dengan telunjuk mengasyikkan juga. Sepertinya ke depan akan saya jadikan alternatif (kaduhung teu ti baheula nyobaan na)
#art #drawing #sketchbook #sketch #sketchwalk #airplane #nam #surabaya Ngudud Dji Sam Soe segese gini kapan habisnya ya? 
#cigarette #234 #sampoerna #museum #houseofsampoerna #surabaya Hotel Geulis Dago Bandung
#art #drawing #painting #watercolor #drawingpen #urbansketch #hotel #dago #bandung #sketch #sketchwalker #hotelgeulisdago Kembali ke Khitah
Saat pulang ke Bandung  saya kangen nyeket di Bandung yg sejuk.  Alhamdulillah beberapa teman di Minggu tadi pada ngumpul di Car Free Day DAGO.  Jadi deh DIGODA DAGO
#art #drawing #sketch #sketchwalker #cfd #dago #bandung #seniman Utk pertamakalinya menggambar pake TELUNJUK

Terkadang (bahkan sering) yang dibutuhkan cuma ngopi alakadarnya. Cukup kopi seduh.
Di Bratang Jaya Surabaya ada sebuah warung kopi seduh. Tempatnya luas, 2 lantai lagi Buka 24 Jam. Harganya cuma 3000 perak. Menarik,, makanya penuh banget.
Saat ngopi nyesel juga nggak bawa Sketchbook. Cuma ingat ada aplikasi Autodesk Sketchbook di HP. Ini pertamakalinya menggambar pake telunjuk. Rada susah sih dan untuk hasil seperti ini rasanya kelamaan waktu yg dihabiskan, Tapi lumayanlah, dan asyik juga lah
#art #drawing #sketchbook  #sketch #sketchwalker #warkop #warungkopi #murah ' Gazeebo dekat Rektorat Kampus ITS
#art #drawing #watercolor #gazeebo #its #rektorat #sketch #sketchwalker Sambl menunggu anak herregistrasi di Kampus ITS Surabaya
#art #drawing #sketch #sketchwalker #Its #surabaya #herregistrasi Ngopi
#coffetofee #post #coffee #surabaya #myson Alih-alih merasa sendirian di Surabaya, eh ada orang Sekeloa alumnus  Fakultas Ilmu Komunikasi Unpad  Angkatan 1990 tinggal disana dan putranya sama-sama diterima satu fakultas dgn  Elang. Setelah 22 tahun tak bertemu, Rainy Safitri Inge sepertinya tak banyak berubah. 
Terinakasih banyak atas jamuan makan siangnya, info tentang kost, kunjungan ke Museum Sampoerna dan bantuan kemudahan transportasi selama di Surabaya. Salam buat keluarga. Semoga segala kebaikan Inge & keluarga berbalas berkah berlimpah.
#its #surabaya #alumni #fikomunpad #culinary Tiba ....
#its #surabaya ##arsitektur Seneng rasanya lihat anak-anak kompak saling jaga saling bina #menuju_ITS #raihmimpi #arsitektur #its SIDAK ke Lapak Seniman CFD Dago, sepertinya formasi belum lengkap. Masih berlibur? 
#art #artist #painter #masters #cfd #dago #bandung Silaturahmi ke senior
#idulfitri #halalbihalal #maestro #painter #art #artist Kuda Liar tapi Soleh
#art #drawing #watercolor #spidol #horse #white #sketch #pray Beberes halaman belakang #menunggutukang #ngaduk #tembok #teras #halamanrumah #halamanbelakangrumah #kawalu #tasikmalaya Perang Gobang
#art #drawing #watercolor #spidol #game #traditional Sawer Receh
#lebaran #idulfitri #mudik #cicariang #kawalu #tasikmalaya Puntennya palawargi sadaya ditampina lesehan, maklum teu acan gaduh parabotan
#mudik #cicariang #kawalu #tasikmalaya #idulfitri #lebaran Selamat Hari Raya Idul Fitri. Kami sekeluarga Mohon Maaf atas segala kesalahan, terasa dan atau tidak sengaja.. Semoga amal ibadah kita selama bulan Ramadan diterima Allah SWT. Amin..
#idulfitri #lebaran

Pengunjung Blog

  • 53,399 hit

Pengunjung Online

%d blogger menyukai ini: