//
you're reading...
ARTIKEL

Kota Kendaraan


Penulis   : Lian Lubis – Urban Designer

Sumber  : Pikiran Rakyat 7 Maret 2017

Untuk membaca dan mengunduh Klipping Klik Gambar lalu Zooom. (semoga bermanfaat)

NEWMAN  dan Jennings dalam bukunya “Kota sebagai Ekosistem yang Lestari” (2014) menuliskan, “Sebuah kota dikatakan kota mobil apabila rata-rata pemakaian bahan bakar minyak (BBM) per orang per tahun lebih dari 1.000 liter untuk mobilitas mereka. Atlanta adalah salah satu contoh kota yang bisa disebut sebagai kota mobil dengan penggunaan rata-rata BBM per orang per tahun lebih dari 3.000 liter. Sedangkan Barcelona adalah kota dengan penggunaan BBM per orang per tahun jauh lebih sedikit dari Atlanta yaitu sekitar 150 liter, hampir mendekati sebutan sebagai kota pejalan kaki dengan 100 liter BBM per orang per tahun”. Bagaimana dengan Kota Bandung yang “Jalan Dagonya mirip Barcelona” dan kota-kota lainnya di Jawa Barat seperti Kota Bekasi dan Kota Bogor? Sepengetahuan saya belum ada penelitian tentang penggunaan rata-rata BBM per orang per tahun pada kota-kota di Indonesia.

Iseng-iseng saya “men-survey” beberapa orang di Kota Bandung yang kebetulan bisa diajak bincang-bincang pada saat bertemu di ruang-ruang publik kota ini untuk mengetahui penggunaan rata-rata BBM mereka untuk mobilitas. Rata-rata “responden” saya yang menggunakan motor menjawab pemakaian BBM untuk keperluan pergerakan mereka sekitar 5-6 liter per minggu. Jadi selama setahun (52 minggu) rata-rata pemakaian BBM antara 260-312 liter. Sedangkan untuk mereka yang menggunakan mobil rata-rata memakai BBM antara 20-30 liter per minggu, jadi selama setahun menghabiskan BBM sekitar 1.040-1.560 liter.

Dengan mengabaikan survey yang saya lakukan –Pemakaian BBM lebih dari 1.000 liter (1.040-1.560 liter) per orang per tahun sudah menunjukkan  sebagai kota mobil– namun melihat fenomena bahwa kota ini telah dipenuhi oleh kendaraan bermotor roda dua dan empat yang saling berpacu; “berseliweran” di jalan-jalan kota hingga ke jalan-jalan kecil di dalam kawasan perumahan, untuk saat ini barangkali kita sudah bisa “menyimpulkan” bahwa Kota Bandung adalah kota mobil dan juga kota motor. Tidak hanya Kota Bandung, kota-kota lainnya di Indonesia sepertinya juga bisa dikatagorikan sebagai kota mobil dan kota motor karena memiliki fenomena yang hampir sama.

Perubahan perilaku

Faktor apa sebenarnya yang menyebabkan kota-kota di Indonesia, juga Kota Bandung menjadi begitu penuh sesak dengan kendaraan bermotor pribadi baik roda empat atau roda dua? Lantas, apakah dengan banyaknya kendaraan bermotor pribadi yang dimiliki warganya dapat menunjukkan tingkat kemakmuran warga kota tersebut? Salah satu riset menunjukkan,  tidak ada korelasi antara banyaknya kendaraan bermotor yang dimiliki warga suatu kota dengan tingkat kemakmuran kota itu sendiri; korelasi yang ada lebih kepada ketidaktersedian transportasi umum yang baik dan sesuai dengan kebutuhan warganya. Dengan kata lain dapat diartikan: banyaknya kendaraan pribadi di  suatu kota adalah akibat dari pemerintah yang tidak bisa memfasilitasi warganya dengan transportasi publik yang yang sesuai dengan kebutuhan warganya dan berkualitas. Akibatnya warga kota tersebut melalui berbagai cara akan memfasilitasi dirinya sendiri dengan berbagai jenis dan jumlah kendaraan bermotor pribadi untuk kebutuhan transportasi mereka. Jadi, banyaknya kendaraan bermotor bukan indikator tingkat kemakmuran warga kota tersebut.

Bila kendaraan bermotor pribadi terus dibiarkan semakin banyak memenuhi kota, bukan tidak mungkin akan terjadi perubahan perilaku warga kebanyakan. Salah satunya adalah warga kota akan lebih akrab dengan kendaraan bermotor daripada dengan sesama. Pertemanan atau perkumpulan warga berupa club-club banyak terbentuk berdasarkan kepemilikan jenis kendaraan bermotor tertentu bukan berdasarkan hubungan manusiawi. “Jika kota semakin akrab dengan kendaraan bermotor, maka kota itu menjadi kurang manusiawi”, begitu Newman dan Jennings (2014) menuliskan.

Untuk mencegah kota agar tidak semakin akrab dengan kendaraan bermotor dan menjadikannya lebih manusiawi saat ini tentu tidaklah mudah. Selama transportasi umum yang baik dan sesuai dengan kebutuhan warganya belum tersedia, warga kota akan semakin akrab dengan kendaraan bermotor pribadi. Meskipun jalur pejalan kaki (trotoar) dibuat sangat bagus dan lebar, jalan arteri dan arteri utama ditutup pada hari minggu dengan alasan “car free day”, satu hari “ngangkot” atau satu hari bersepeda, selama sistem transportasi umum tidak diterapkan dengan baik maka akan sangat tidak mungkin bisa “mengajak” warganya untuk meninggalkan kendaraan bermotor pribadi dan menjadikan kota lebih manusiawi.

Ketidaktersediaan transportasi umum yang baik juga dapat menghadirkan kondisi paradoks terhadap penyediaan fasilitas pejalan kaki dan pengendara sepeda yang merupakan simbol penghargaan terhadap martabat manusia. Trotoar dan jalur sepeda yang seharusnya dipakai sebagaimana fungsinya sebagai fasilitas rekreasi dan transportasi sering kali diokupasi untuk kepentingan parkir dan dilintasi kendaraan bermotor pribadi; martabat manusia terpaksa dikorbankan untuk kepentingan kendaraan bermotor.

Yang barangkali harus juga kita cermati adalah berapa standar biaya pemakaian BBM pemerintah suatu kota dan kabupaten untuk mengoperasikan kendaraan operasional, mobil pejabat, dan anggota dewannya? Bila standar biaya pemakaian BBM dalam setahun disediakan lebih dari 1.000 liter untuk satu kendaraan, maka bisa dipastikan pemerintah kota dan kabupaten tersebut sedang “membiarkan” terjadi perubahan pada perilaku warganya; membiarkan warganya semakin akrab dengan kendaraan bermotor.   ***

Save

Iklan

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

My ART

#saveXpalaguna

gerakan seniman & warga Bandung untuk pemanfaatan ex lahan pertokoan Palaguna menjadi RTH dan Cagar Budaya

Follow TandaMata BDG on WordPress.com

My Instagram

Usai Pengajian di Percikan Iman - Mesjid Telkom University
#menggambar pake #telunjuk yang ketiga di HP ini masih jauh dari sempurna, tapi lumayan lah untuk melancarkan.
#art #drawing #sketch #sketchbook #sketchwalker #sketchurban #telkomuniversity #bandung Kalau sebelumnya "menggambar pake telunjuk" di HP karena tak bawa alat+media gambar, kali ini karena situasional.
Selalu ada saja saat-saat dimana "passion" menggambar lagi tinggi tapi situasi tidak memungkinkan. Di dalam pesawat terbang misalnya. 
Dalam situasi seperti ini "ngagambar ku curuk" jadi sangat masuk akal. Walau belum belajar tekniknya yg bener,, baru pake ilmu "kumaha aing we", menggambar dengan telunjuk mengasyikkan juga. Sepertinya ke depan akan saya jadikan alternatif (kaduhung teu ti baheula nyobaan na)
#art #drawing #sketchbook #sketch #sketchwalk #airplane #nam #surabaya Ngudud Dji Sam Soe segese gini kapan habisnya ya? 
#cigarette #234 #sampoerna #museum #houseofsampoerna #surabaya Hotel Geulis Dago Bandung
#art #drawing #painting #watercolor #drawingpen #urbansketch #hotel #dago #bandung #sketch #sketchwalker #hotelgeulisdago Kembali ke Khitah
Saat pulang ke Bandung  saya kangen nyeket di Bandung yg sejuk.  Alhamdulillah beberapa teman di Minggu tadi pada ngumpul di Car Free Day DAGO.  Jadi deh DIGODA DAGO
#art #drawing #sketch #sketchwalker #cfd #dago #bandung #seniman Utk pertamakalinya menggambar pake TELUNJUK

Terkadang (bahkan sering) yang dibutuhkan cuma ngopi alakadarnya. Cukup kopi seduh.
Di Bratang Jaya Surabaya ada sebuah warung kopi seduh. Tempatnya luas, 2 lantai lagi Buka 24 Jam. Harganya cuma 3000 perak. Menarik,, makanya penuh banget.
Saat ngopi nyesel juga nggak bawa Sketchbook. Cuma ingat ada aplikasi Autodesk Sketchbook di HP. Ini pertamakalinya menggambar pake telunjuk. Rada susah sih dan untuk hasil seperti ini rasanya kelamaan waktu yg dihabiskan, Tapi lumayanlah, dan asyik juga lah
#art #drawing #sketchbook  #sketch #sketchwalker #warkop #warungkopi #murah ' Gazeebo dekat Rektorat Kampus ITS
#art #drawing #watercolor #gazeebo #its #rektorat #sketch #sketchwalker Sambl menunggu anak herregistrasi di Kampus ITS Surabaya
#art #drawing #sketch #sketchwalker #Its #surabaya #herregistrasi Ngopi
#coffetofee #post #coffee #surabaya #myson Alih-alih merasa sendirian di Surabaya, eh ada orang Sekeloa alumnus  Fakultas Ilmu Komunikasi Unpad  Angkatan 1990 tinggal disana dan putranya sama-sama diterima satu fakultas dgn  Elang. Setelah 22 tahun tak bertemu, Rainy Safitri Inge sepertinya tak banyak berubah. 
Terinakasih banyak atas jamuan makan siangnya, info tentang kost, kunjungan ke Museum Sampoerna dan bantuan kemudahan transportasi selama di Surabaya. Salam buat keluarga. Semoga segala kebaikan Inge & keluarga berbalas berkah berlimpah.
#its #surabaya #alumni #fikomunpad #culinary Tiba ....
#its #surabaya ##arsitektur Seneng rasanya lihat anak-anak kompak saling jaga saling bina #menuju_ITS #raihmimpi #arsitektur #its SIDAK ke Lapak Seniman CFD Dago, sepertinya formasi belum lengkap. Masih berlibur? 
#art #artist #painter #masters #cfd #dago #bandung Silaturahmi ke senior
#idulfitri #halalbihalal #maestro #painter #art #artist Kuda Liar tapi Soleh
#art #drawing #watercolor #spidol #horse #white #sketch #pray Beberes halaman belakang #menunggutukang #ngaduk #tembok #teras #halamanrumah #halamanbelakangrumah #kawalu #tasikmalaya Perang Gobang
#art #drawing #watercolor #spidol #game #traditional Sawer Receh
#lebaran #idulfitri #mudik #cicariang #kawalu #tasikmalaya Puntennya palawargi sadaya ditampina lesehan, maklum teu acan gaduh parabotan
#mudik #cicariang #kawalu #tasikmalaya #idulfitri #lebaran Selamat Hari Raya Idul Fitri. Kami sekeluarga Mohon Maaf atas segala kesalahan, terasa dan atau tidak sengaja.. Semoga amal ibadah kita selama bulan Ramadan diterima Allah SWT. Amin..
#idulfitri #lebaran

Pengunjung Blog

  • 53,528 hit

Pengunjung Online

%d blogger menyukai ini: