//
you're reading...
Klipping Berita Pameran

Coklat Kita Gelar Pameran ARTefak Laut Kidul


Sumber  : Bandung Express.co.id 17 Desember 2016

Untuk melihat Klipping  Klik Gambar lalu Zooom. (semoga bermanfaat)

bandungekspres.co.id, BANDUNG – Mitos Nyi Roro Kidul masih sangat diyakini oleh sebagian masyarakat Jawa. Hal-hal magis masih dihormati demi menjaga khasanah-khasanah moral bagi kesejahteraan kehidupan manusia.

Hal tersebut menarik pabandung-expressra perupa (pelukis) untuk mengangkat fenomena Nyi Roro Kidul dalam sebuah karya seni. Sosok penguasa Pantai Laut Kidul telah mengilhami keberagaman ekspresi seni yang akan diusung dalam sebuah pameran bertajuk ’ARTefak Laut Kidul’.

Oleh beberapa pelukis, Sang Ratu sempat divisualisasikan sosoknya ke dalam bentuk lukisan seorang wanita cantik. Perhelatan pameran bersama ini merupakan satu entitas penting dalam pembahasan seni yang membedah persoalan Pantai Selatan yang legendaris itu. Meskipun kehadirannya dilukiskan penuh mistis dan magis.

Penggagas pameran ARTefak Laut Kidul yang disupport Coklat Kita, Drs. Basuki Bawono mengungkapkan, bahwa pemeran tersebut merupakan suatu kegiatan penyajian karya seni rupa untuk dikomunikasikan, sehingga dapat diapresiasi oleh masyarakat luas.

”Diharapkan terjadi komunikasi antara perupa yang diwakili oleh karya seninya dengan apresiator,” jelas Basuki kepada wartawan ditemui di Papuri Saung Sunda, Jumat (16/12).

Penyelenggaraan pameran ini, lanjut dia, mengusung materi pameran berupa hasil kontemplasi para perupa dari berbagai wilayah tentang misteri Laut Kidul.

Sementara koordinator seniman Zufli Akhmansyah mengatakan, pameran ini memiliki tujuan dan manfaat yang diharapkan serta dilakukan dengan penuh tanggung jawab.

Dalam penyelenggaraan pemaran Artefak Laut Kidul pun setidaknya memiliki arah tujuan sosial dan kemanusiaan. Sekaligus memilik
i tujuan nilai jual, dan tentu saja yang berkaitan dengan edukasi. ”Banyak nilai positif yang hadir dalam pameran Artefak Laut Kidul ini,” ujar pria yang akrab dipanggil Bank Zoel.

Nama ARTefak sendiri muncul karena dari singkatan art (seni) dan tefak atau dibaca teupak yaitu berkumpul. ”Jadi Artefak bisa diistilahkan berkumpulnya para penggiat seni,” terangnya.

Budhi Agoes Salim dari Coklat Kita RSO Bandung mengaku bangga pihaknya bisa memberikan support terhadap acara yang memiliki nilai seni cukup besar. Yakni, sebuah pameran para perupa Jawa Barat. ”Kita selalu men-support setiap acara yang tentunya memiliki nilai positif,” tuturnya.

Selain itu acara Artefak Laut Kidul ini merupakan acara komunitas para penggiat seni. Untuk itu kita mendukung penuh acara pemeran yang diikuti oleh para perupa di Jawa Barat.

Tidak hanya acara Artefak Laut Kidul, pihaknya juga mendukung para komunitas lainnya yang menggelar acara-acara seni dan budaya serta event kreatif lainnya. ”Pada intinya acara yang digelar di Pendopo Papuri ini bisa menjadi langkah awal sebagai salah satu  destinasi wisata yang ada  di Bandung Timur,” jelasnya.

Dia menambahkan, untuk jangka panjangnya ikut dalam pelestarian seni dan budaya Jawa Barat khususnya, serta Kota Bandung pada umumnya. (adv/nit/fik)

Iklan

Diskusi

Trackbacks/Pingbacks

  1. Ping-balik: Pesona Laut Kidul | TandaMata BDG - 24 Desember 2016

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

My ART

#saveXpalaguna

gerakan seniman & warga Bandung untuk pemanfaatan ex lahan pertokoan Palaguna menjadi RTH dan Cagar Budaya

Follow TandaMata BDG on WordPress.com

My Instagram

Terjadi error saat mengambil gambar dari Instagram. Upaya akan diulangi beberapa menit lagi.

Pengunjung Blog

  • 64,647 hit

Pengunjung Online

%d blogger menyukai ini: