//
you're reading...
ARTIKEL, Tak Berkategori

Mengurai Kusut Komunikasi Jokowi


EDITORIAL MEDIA INDONESIA 13 April 2015logo Media Indonesia

KONSTITUSI di negara ini mengatur bahwa calon presiden dan wakil presiden diusulkan partai politik atau gabungan partai politik. Negara ini tidak mengenal calon presiden dan wakil presiden independen. Itu artinya seseorang bisa menjadi presiden karena dia diusung parpol atau gabungan parpol. Mustahil seseorang menjadi presiden tanpa dukungan parpol atau gabungan parpol.

Mau tidak mau, suka tidak suka, aturan main seperti itu membawa konsekuensi politik. Salah satunya ialah lahirnya terminologi partai pendukung pemerintah dan partai oposisi atau partai penyeimbang atau apa pun namanya.

Kehadiran parpol pendukung pemerintah dan parpol oposisi lumrah belaka dalam politik. Bahkan, bukan cuma lumrah, melainkan memang begitulah seharusnya demokrasi. Bukankah demokrasi mensyaratkan keberagaman, termasuk keberagaman sikap politik?
Konsekuensi politik lain ialah presiden harus mendengar suara parpol-parpol pendukungnya. Itu pun bukan cuma wajar, melainkan memang seharusnya seperti itulah fatsun politiknya.

Kita sependapat presiden juga harus mendengar suara rakyat. Akan tetapi, jangan sekali-kali meletakkan suara rakyat dalam dikotomi dengan suara parpol pendukung, seolah suara parpol pasti bertentangan dengan suara rakyat, seakan parpol cuma menjadi beban demokrasi.

Parpol justru fondasi bagi pilar-pilar pada rumah demokrasi. Bila dikatakan lembaga kepresidenan dan parlemen ialah pilar demokrasi, keduanya ada karena adanya partai politik. Jadi, siapa bilang parpol cuma beban demokrasi?
Kita perlu mengingatkan pola hubungan presiden dan parpol pendukung dalam konteks konstitusi dan demokrasi seperti ini mengingat ada indikasi kusutnya komunikasi Presiden Joko Widodo dan parpol-parpol pendukungnya.

Presiden Jokowi diindikasikan lebih mendengar suara di luar parpol koalisi ketimbang partai penyokongnya.“Jokowi lebih mendengar orang luar partai,“ kata pakar psikologi politik Dewi Haroen dalam satu diskusi, Sabtu (11/4).

Jokowi bahkan seperti membolak-balik hubungannya dengan parpol pendukung dan parpol koalisi. “Parpol pendukung malah kayak oposisi, tapi parpol yang mulanya tak mendukung malah jadi pendukung,“ ujar politikus Partai NasDem Johnny G Plate dalam diskusi yang sama.

Sebelumnya, dalam pidatonya di pembukaan munas di Bali, Ketua Umum DPP PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri mengingatkan Jokowi ihwal adanya kaum oportunis yang menyalip di tikungan. Peringatan Mega itulah yang ditafsirkan banyak kalangan sebagai indikasi buruknya komunikasi Jokowi dan parpol pendukung. Jokowi seperti lebih mendengar si oportunis dan tukang salip di tikungan itu ketimbang parpol koalisi pendukungnya.

Mumpung belum telanjur, mumpung usia pemerintahan masih seumur jagung, kita mendesak Presiden Jokowi memperbaiki komunikasi politiknya dengan parpol pendukung.Baiknya hubungan presiden dan parpol pendukung tentu akan memperkuat pemerintahan.

Memperkuat pemerintahan tidak boleh dengan merangkul semua parpol untuk mendukung pemerintah hingga tak tersisa satu pun parpol oposisi. Alih-alih memperkuat pemerintahan, yang terjadi ialah keseragaman sikap politik, dan itu jelas pengebirian demokrasi karena mekanisme check and balance lumpuh permanen.

Atau, boleh jadi gara-gara partai oposisi dirangkul, parpol pendukung keluar dari pemerintahan. Itu tentu bukan politik yang beretika, ibarat kacang lupa kulitnya. Mumpung belum telanjur, mumpung usia pemerintahan masih seumur jagung, kita mendesak Presiden Jokowi memperbaiki komunikasi politiknya dengan parpol pendukung

Iklan

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

My ART

#saveXpalaguna

gerakan seniman & warga Bandung untuk pemanfaatan ex lahan pertokoan Palaguna menjadi RTH dan Cagar Budaya

Follow TandaMata BDG on WordPress.com

My Instagram

Rumah siapakah ini?

Niat awalnya sih ingin menggambar tanaman kesukaan.  Ada 3 pilihan ranaman yg saya gandrungi; kadaka menjangan, kaktus dan anggrek. Belum sampai menentukan pilihan, tiba2 saya ingat rumah seorang teman yang memiliki ketiga tanaman tersebut di halaman rumahnya. Kurang lebih rumahnya seperti yang saya gambarkan. Mungkin tidak persis, tapi yang pasti ada sebuah kadaka menjangan besar yang menempel di pohon depan teras, beberapa pohon kaktus di samping rumah dan serumpun angrek yang berbunga banyak di luar pagar, di bawah pohon. 
Adakah yang tahu ini rumah siapa? Sekedar petunjuk, beliau orang populer, penulis buku dan bukunya banyak dikutip mahasiswa S1 dan pascasarjana.
#art #drawing #watercolor #marker #sketch #sketchwalker #urban #urbansketchers #watercolor #green #house #cactus #kadaka #anggrek #l4l #like4like Gedung de Vries di pertigaan Jl AA - Jl Braga Bandung
#art #drawing #painting #watercolor #sketch #sketchwalker #urban #urbansketch #l4l #like4like #aa #braga #bandung Watercoffee

Nyuci kwas salah masuk ke gelas kopi. Mau diminum nggak tega, mau dibuang, sayang. Pake buat gambar aja. Tapi, .... Duh kopinnya pake gula. Lengket. Nggak enakeun. Tapi kagok lah, sayang kertas ......
#art #drawing #painting #watercoffee #watercolorpainting #sketch #flowers #roses #white #whiteroses #l4l #like4like Nge-test kwas baru, dapet beli discount 60%
#art #sketch #watercolor #flowers #anggrek #l4l #instapic #test #brush #l4likeforlikesback #like4like #l4l👍 Usai Pengajian di Percikan Iman - Mesjid Telkom University
#menggambar pake #telunjuk yang ketiga di HP ini masih jauh dari sempurna, tapi lumayan lah untuk melancarkan.
#art #drawing #sketch #sketchbook #sketchwalker #sketchurban #telkomuniversity #bandung Kalau sebelumnya "menggambar pake telunjuk" di HP karena tak bawa alat+media gambar, kali ini karena situasional.
Selalu ada saja saat-saat dimana "passion" menggambar lagi tinggi tapi situasi tidak memungkinkan. Di dalam pesawat terbang misalnya. 
Dalam situasi seperti ini "ngagambar ku curuk" jadi sangat masuk akal. Walau belum belajar tekniknya yg bener,, baru pake ilmu "kumaha aing we", menggambar dengan telunjuk mengasyikkan juga. Sepertinya ke depan akan saya jadikan alternatif (kaduhung teu ti baheula nyobaan na)
#art #drawing #sketchbook #sketch #sketchwalk #airplane #nam #surabaya Ngudud Dji Sam Soe segese gini kapan habisnya ya? 
#cigarette #234 #sampoerna #museum #houseofsampoerna #surabaya Hotel Geulis Dago Bandung
#art #drawing #painting #watercolor #drawingpen #urbansketch #hotel #dago #bandung #sketch #sketchwalker #hotelgeulisdago Kembali ke Khitah
Saat pulang ke Bandung  saya kangen nyeket di Bandung yg sejuk.  Alhamdulillah beberapa teman di Minggu tadi pada ngumpul di Car Free Day DAGO.  Jadi deh DIGODA DAGO
#art #drawing #sketch #sketchwalker #cfd #dago #bandung #seniman Utk pertamakalinya menggambar pake TELUNJUK

Terkadang (bahkan sering) yang dibutuhkan cuma ngopi alakadarnya. Cukup kopi seduh.
Di Bratang Jaya Surabaya ada sebuah warung kopi seduh. Tempatnya luas, 2 lantai lagi Buka 24 Jam. Harganya cuma 3000 perak. Menarik,, makanya penuh banget.
Saat ngopi nyesel juga nggak bawa Sketchbook. Cuma ingat ada aplikasi Autodesk Sketchbook di HP. Ini pertamakalinya menggambar pake telunjuk. Rada susah sih dan untuk hasil seperti ini rasanya kelamaan waktu yg dihabiskan, Tapi lumayanlah, dan asyik juga lah
#art #drawing #sketchbook  #sketch #sketchwalker #warkop #warungkopi #murah ' Gazeebo dekat Rektorat Kampus ITS
#art #drawing #watercolor #gazeebo #its #rektorat #sketch #sketchwalker Sambl menunggu anak herregistrasi di Kampus ITS Surabaya
#art #drawing #sketch #sketchwalker #Its #surabaya #herregistrasi Ngopi
#coffetofee #post #coffee #surabaya #myson Alih-alih merasa sendirian di Surabaya, eh ada orang Sekeloa alumnus  Fakultas Ilmu Komunikasi Unpad  Angkatan 1990 tinggal disana dan putranya sama-sama diterima satu fakultas dgn  Elang. Setelah 22 tahun tak bertemu, Rainy Safitri Inge sepertinya tak banyak berubah. 
Terinakasih banyak atas jamuan makan siangnya, info tentang kost, kunjungan ke Museum Sampoerna dan bantuan kemudahan transportasi selama di Surabaya. Salam buat keluarga. Semoga segala kebaikan Inge & keluarga berbalas berkah berlimpah.
#its #surabaya #alumni #fikomunpad #culinary Tiba ....
#its #surabaya ##arsitektur Seneng rasanya lihat anak-anak kompak saling jaga saling bina #menuju_ITS #raihmimpi #arsitektur #its SIDAK ke Lapak Seniman CFD Dago, sepertinya formasi belum lengkap. Masih berlibur? 
#art #artist #painter #masters #cfd #dago #bandung Silaturahmi ke senior
#idulfitri #halalbihalal #maestro #painter #art #artist Kuda Liar tapi Soleh
#art #drawing #watercolor #spidol #horse #white #sketch #pray Beberes halaman belakang #menunggutukang #ngaduk #tembok #teras #halamanrumah #halamanbelakangrumah #kawalu #tasikmalaya

Pengunjung Blog

  • 54,014 hit

Pengunjung Online

%d blogger menyukai ini: