//
you're reading...
ARTIKEL

Pesan Moral Bob Sadino untuk Pebisnis Muda


Pesan Moral Bob Sadino untuk Pebisnis Muda

Bob Sadino

Feed – Dunia entrepreneur Tanah Air berduka atas wafatnya salah satu pengusaha inspiratif, Bob Sadino. Pria kelahiran Lampung 9 Maret 1933 itu meninggal dunia di Rumah Sakit Pondok Indah Jakarta Selatan, Senin 19 Januari 2015.
Belum diketahui penyakit apa yang diderita Om Bob sebelum wafat. Namun kesimpulan sementara mengatakan, pria bernama lengkap Bambang Mustari Sadino meninggal karena komplikasi.
Semasa hidupnya, Bob Sadino kerap wara-wari untuk mengisi seminar seputar bisnis. Celotehannya secara spontan keluar dari mulut. Bukan tanpa pesan, tiap kalimat yang diutarakan selalu masuk akal meski kadang sulit detirma oleh nalar.
Om Bob sering kali memberikan petuah yang membuat orang lebih berpikir dari biasanya. Mencerna kalimat demi kalimat. Hingga pada akhirnya pesan yang disampaikan bisa menginspirasi banyak orang.
Tak heran jika Indonesia merasa kehilangan salah satu sosok inspiratif dalam bidang wirausaha. Lalu apa pesan Bob Sadino? Simak selengkapnya.
1. “Ingin sukses jangan takut mencoba dan gagal”
Om bob memulai bisnis pertamanya dengan membuka penyewaan mobil. Di situ Om Bob menyewakan mobil mercedez kesayangan sekaligu menjadi sopirnya. Bisnisnya tak mulus, setelang mengalami kebangkurtan usai kecelakaan dan kerusakan mobil yang cukup parah.
Tak menyerah sampai di situ. Om Bob disarankan seorang kawan untuk berbisnis telur ayam negeri dan memberikannya modal 50 ekor ayam negeri.
Seiring waktu,bisnis telur ayam negeri pun mulai di kenal di pasaran dan pada tahun 1969, beliau mendirikan supermarket miliknya sendiri yang diberi nama Kem Chicks. Dari sana bisnisnya terus melebar dan kian sukses hingga detik ini.
Dalam berbisnis beliau punya falsafah bahwa untuk memulai sebuah usaha tidak perlu terlalu banyak berpikir, yang paling utama adalah berani bertindak. Dari situ kita bisa melihat, bahwa tak ada yang perlu ditakutkan untuk memulai kesuksesan dan jangan takut mencoba. Baca selengkapnya di sini via herdi73.wordpress.com.
2. “Hiduplah Tanpa Rencana”
“Hiduplah Tanpa Rencana”. Begitu kata Bob Sadino. Dari kalimat yang terlontar dari mulutnya ia menekankan pada sebuah proses. Perjalanan untuk mencapai sebuah kesuksesan.
Mengawali usaha dari berbisnis telur, ia tak pernah menduga bisa mempunyai supermarket dan apartemen. 40 Tahun dilewati semua hingga akhirnya menggenggam sebuah kata sukses.
Pentingnya perjalanan, ketekunan, akumulasi pengalaman, dan kesabaran. Jadi pilar bagi mereka yang ingin mencapai titik keberhasilan. Hidup tanpa perencanaan akhirnya terjawab. Dibuktikan secara nyata. Pengalaman, kesabaran, dan ketekunan mengubah hidup seorang Bob Sadino. Baca selengkapnya di sini via kompasiana.com.
3. “Jadilah yang pertama.. jika tidak, jadilah yang terbaik.. Jika masih tidak juga, jadilah yang berbeda.”
‘Be the first.. Be the best and Be different..’ itulah prinsip sukses yang selalu diutarakan oleh Bob Sadino. Menurut dia untuk melakukan bisnis jadilah yang pertama, jika tidak, jadilah yang terbaik, jika masih tidak juga, jadilah yang berbeda.
Seperti sudah diketahui, untuk mencapai ke level kesuksesan Bob Sadino berangkat dari seorang sopir, mengalami kebangkrutan, hingga akhirnya mulai berbisnis hanya bermodalkan 50 ekor ayam negeri.
Jatuh bangun yang dialaminya itu pun berakhir manis. Bob Sadino memiliki beberapa perusahaan besar.Diantaranya adalah,Kem Chicks di Jakarta Selatan, Kem Foods, dan Kem Farms di Jawa Tengah. Baca selengkapnya di sini via anggaleoputra.blogspot.com. (Ism)

Sumber: http://feed.id/article/pesan-moral-bob-sadino-untuk-pebisnis-muda-150120v.html

Iklan

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

My ART

#saveXpalaguna

gerakan seniman & warga Bandung untuk pemanfaatan ex lahan pertokoan Palaguna menjadi RTH dan Cagar Budaya

Follow TandaMata BDG on WordPress.com

My Instagram

Usai Pengajian di Percikan Iman - Mesjid Telkom University
#menggambar pake #telunjuk yang ketiga di HP ini masih jauh dari sempurna, tapi lumayan lah untuk melancarkan.
#art #drawing #sketch #sketchbook #sketchwalker #sketchurban #telkomuniversity #bandung Kalau sebelumnya "menggambar pake telunjuk" di HP karena tak bawa alat+media gambar, kali ini karena situasional.
Selalu ada saja saat-saat dimana "passion" menggambar lagi tinggi tapi situasi tidak memungkinkan. Di dalam pesawat terbang misalnya. 
Dalam situasi seperti ini "ngagambar ku curuk" jadi sangat masuk akal. Walau belum belajar tekniknya yg bener,, baru pake ilmu "kumaha aing we", menggambar dengan telunjuk mengasyikkan juga. Sepertinya ke depan akan saya jadikan alternatif (kaduhung teu ti baheula nyobaan na)
#art #drawing #sketchbook #sketch #sketchwalk #airplane #nam #surabaya Ngudud Dji Sam Soe segese gini kapan habisnya ya? 
#cigarette #234 #sampoerna #museum #houseofsampoerna #surabaya Hotel Geulis Dago Bandung
#art #drawing #painting #watercolor #drawingpen #urbansketch #hotel #dago #bandung #sketch #sketchwalker #hotelgeulisdago Kembali ke Khitah
Saat pulang ke Bandung  saya kangen nyeket di Bandung yg sejuk.  Alhamdulillah beberapa teman di Minggu tadi pada ngumpul di Car Free Day DAGO.  Jadi deh DIGODA DAGO
#art #drawing #sketch #sketchwalker #cfd #dago #bandung #seniman Utk pertamakalinya menggambar pake TELUNJUK

Terkadang (bahkan sering) yang dibutuhkan cuma ngopi alakadarnya. Cukup kopi seduh.
Di Bratang Jaya Surabaya ada sebuah warung kopi seduh. Tempatnya luas, 2 lantai lagi Buka 24 Jam. Harganya cuma 3000 perak. Menarik,, makanya penuh banget.
Saat ngopi nyesel juga nggak bawa Sketchbook. Cuma ingat ada aplikasi Autodesk Sketchbook di HP. Ini pertamakalinya menggambar pake telunjuk. Rada susah sih dan untuk hasil seperti ini rasanya kelamaan waktu yg dihabiskan, Tapi lumayanlah, dan asyik juga lah
#art #drawing #sketchbook  #sketch #sketchwalker #warkop #warungkopi #murah ' Gazeebo dekat Rektorat Kampus ITS
#art #drawing #watercolor #gazeebo #its #rektorat #sketch #sketchwalker Sambl menunggu anak herregistrasi di Kampus ITS Surabaya
#art #drawing #sketch #sketchwalker #Its #surabaya #herregistrasi Ngopi
#coffetofee #post #coffee #surabaya #myson Alih-alih merasa sendirian di Surabaya, eh ada orang Sekeloa alumnus  Fakultas Ilmu Komunikasi Unpad  Angkatan 1990 tinggal disana dan putranya sama-sama diterima satu fakultas dgn  Elang. Setelah 22 tahun tak bertemu, Rainy Safitri Inge sepertinya tak banyak berubah. 
Terinakasih banyak atas jamuan makan siangnya, info tentang kost, kunjungan ke Museum Sampoerna dan bantuan kemudahan transportasi selama di Surabaya. Salam buat keluarga. Semoga segala kebaikan Inge & keluarga berbalas berkah berlimpah.
#its #surabaya #alumni #fikomunpad #culinary Tiba ....
#its #surabaya ##arsitektur Seneng rasanya lihat anak-anak kompak saling jaga saling bina #menuju_ITS #raihmimpi #arsitektur #its SIDAK ke Lapak Seniman CFD Dago, sepertinya formasi belum lengkap. Masih berlibur? 
#art #artist #painter #masters #cfd #dago #bandung Silaturahmi ke senior
#idulfitri #halalbihalal #maestro #painter #art #artist Kuda Liar tapi Soleh
#art #drawing #watercolor #spidol #horse #white #sketch #pray Beberes halaman belakang #menunggutukang #ngaduk #tembok #teras #halamanrumah #halamanbelakangrumah #kawalu #tasikmalaya Perang Gobang
#art #drawing #watercolor #spidol #game #traditional Sawer Receh
#lebaran #idulfitri #mudik #cicariang #kawalu #tasikmalaya Puntennya palawargi sadaya ditampina lesehan, maklum teu acan gaduh parabotan
#mudik #cicariang #kawalu #tasikmalaya #idulfitri #lebaran Selamat Hari Raya Idul Fitri. Kami sekeluarga Mohon Maaf atas segala kesalahan, terasa dan atau tidak sengaja.. Semoga amal ibadah kita selama bulan Ramadan diterima Allah SWT. Amin..
#idulfitri #lebaran

Pengunjung Blog

  • 53,519 hit

Pengunjung Online

%d blogger menyukai ini: