//
you're reading...
ARTIKEL

Pesan Moral Bob Sadino untuk Pebisnis Muda


Pesan Moral Bob Sadino untuk Pebisnis Muda

Bob Sadino

Feed – Dunia entrepreneur Tanah Air berduka atas wafatnya salah satu pengusaha inspiratif, Bob Sadino. Pria kelahiran Lampung 9 Maret 1933 itu meninggal dunia di Rumah Sakit Pondok Indah Jakarta Selatan, Senin 19 Januari 2015.
Belum diketahui penyakit apa yang diderita Om Bob sebelum wafat. Namun kesimpulan sementara mengatakan, pria bernama lengkap Bambang Mustari Sadino meninggal karena komplikasi.
Semasa hidupnya, Bob Sadino kerap wara-wari untuk mengisi seminar seputar bisnis. Celotehannya secara spontan keluar dari mulut. Bukan tanpa pesan, tiap kalimat yang diutarakan selalu masuk akal meski kadang sulit detirma oleh nalar.
Om Bob sering kali memberikan petuah yang membuat orang lebih berpikir dari biasanya. Mencerna kalimat demi kalimat. Hingga pada akhirnya pesan yang disampaikan bisa menginspirasi banyak orang.
Tak heran jika Indonesia merasa kehilangan salah satu sosok inspiratif dalam bidang wirausaha. Lalu apa pesan Bob Sadino? Simak selengkapnya.
1. “Ingin sukses jangan takut mencoba dan gagal”
Om bob memulai bisnis pertamanya dengan membuka penyewaan mobil. Di situ Om Bob menyewakan mobil mercedez kesayangan sekaligu menjadi sopirnya. Bisnisnya tak mulus, setelang mengalami kebangkurtan usai kecelakaan dan kerusakan mobil yang cukup parah.
Tak menyerah sampai di situ. Om Bob disarankan seorang kawan untuk berbisnis telur ayam negeri dan memberikannya modal 50 ekor ayam negeri.
Seiring waktu,bisnis telur ayam negeri pun mulai di kenal di pasaran dan pada tahun 1969, beliau mendirikan supermarket miliknya sendiri yang diberi nama Kem Chicks. Dari sana bisnisnya terus melebar dan kian sukses hingga detik ini.
Dalam berbisnis beliau punya falsafah bahwa untuk memulai sebuah usaha tidak perlu terlalu banyak berpikir, yang paling utama adalah berani bertindak. Dari situ kita bisa melihat, bahwa tak ada yang perlu ditakutkan untuk memulai kesuksesan dan jangan takut mencoba. Baca selengkapnya di sini via herdi73.wordpress.com.
2. “Hiduplah Tanpa Rencana”
“Hiduplah Tanpa Rencana”. Begitu kata Bob Sadino. Dari kalimat yang terlontar dari mulutnya ia menekankan pada sebuah proses. Perjalanan untuk mencapai sebuah kesuksesan.
Mengawali usaha dari berbisnis telur, ia tak pernah menduga bisa mempunyai supermarket dan apartemen. 40 Tahun dilewati semua hingga akhirnya menggenggam sebuah kata sukses.
Pentingnya perjalanan, ketekunan, akumulasi pengalaman, dan kesabaran. Jadi pilar bagi mereka yang ingin mencapai titik keberhasilan. Hidup tanpa perencanaan akhirnya terjawab. Dibuktikan secara nyata. Pengalaman, kesabaran, dan ketekunan mengubah hidup seorang Bob Sadino. Baca selengkapnya di sini via kompasiana.com.
3. “Jadilah yang pertama.. jika tidak, jadilah yang terbaik.. Jika masih tidak juga, jadilah yang berbeda.”
‘Be the first.. Be the best and Be different..’ itulah prinsip sukses yang selalu diutarakan oleh Bob Sadino. Menurut dia untuk melakukan bisnis jadilah yang pertama, jika tidak, jadilah yang terbaik, jika masih tidak juga, jadilah yang berbeda.
Seperti sudah diketahui, untuk mencapai ke level kesuksesan Bob Sadino berangkat dari seorang sopir, mengalami kebangkrutan, hingga akhirnya mulai berbisnis hanya bermodalkan 50 ekor ayam negeri.
Jatuh bangun yang dialaminya itu pun berakhir manis. Bob Sadino memiliki beberapa perusahaan besar.Diantaranya adalah,Kem Chicks di Jakarta Selatan, Kem Foods, dan Kem Farms di Jawa Tengah. Baca selengkapnya di sini via anggaleoputra.blogspot.com. (Ism)

Sumber: http://feed.id/article/pesan-moral-bob-sadino-untuk-pebisnis-muda-150120v.html

Iklan

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

My ART

#saveXpalaguna

gerakan seniman & warga Bandung untuk pemanfaatan ex lahan pertokoan Palaguna menjadi RTH dan Cagar Budaya

Follow TandaMata BDG on WordPress.com

My Instagram

Sebuah sudut kampus ITB 
#art #drawing  #painting #ink #inktober #inktober2017 #inktoberindonesia #inktoberindonesia2017 #itb #fsrditb #campus #bdgconnex #instaart #instagood #tbt #lfl Ba'da Jumatan, usai makan siang, masih tersisa 1/2 jam ke sesi Lounching Bdg Connex
Saat "ngadu bako" dgn @rendrasantana di parkiran @galeri_soemardja
Saya : " Nyeket yu Ren"
Rendra : "Hayu," sembari mengeluarkan sketchbook dan alat gambar.
Tuuuh kan, bawa buku gambar dan ready nyeket dimana pun, kapan pun, bagi "kami" mah sesuatu yang lumrah atuh. Panuju kulaaaaan???
#art #drawing #sketch #galerisoemardja #fsrditb #bdgconnex #instaart #instagood #instasketch #inktoberindonesia #ink #inktober #inktober2017 #inktoberindonesia2017 Launching Bandung Connect 2017
#art #exhibition #bdg #connect #artist #instaart #instagood #bdgconnex Bincang Kampung Kreatif dgn Kang Rahmat Jabaril di Bekraf Creative Labs -SINERGI SENIRUPA - fsrd ITB
#art #artist #planning #exhibition #bdg #connect #bdgconnect #bdgconnection #instaart #instaartist #bdgconnex Bincang Industri Kreatif dgn Bekraf dan Ekosistem Seni Rupa du Aula Timur ITB Hari pertama 3 sesi, wareg dan masih banyak menyisakan pertanyaan. Hari kedua, Insya Alloh banyak jawaban yg dibutuhkan muncul
#art #artist #discussion #fsrd #itb #sinergisenirupa #bekraf #instaart #instagood Masih tentang Gempol Enclave..... Sssst.... Jangan lupa Kupat Tahu dan Roti Bakar nya
#art #sketch #drawing #ink #inktober #inktober2017 #inktoberindonesia #inktoberindonesia2017 #instaink #instainked #instainklife #instaart #instagood #tbt #tbt🔙 #lfl Sebuah Rumah sebrang Taman Gempol. Lucu, di puncak genting diganti piramida kaca. (foreground bisa berperan sbagai bingkai dan atau menyembunyikan bagian tidak nenarik)
#art #artwork #painting #drawing  #enclave #gempol #taman #foreground #lfl #tbt #instaart #instagood #instadraw #instapaint Ke Sanggar Olah Seni Babakan Siliwangi, lagi pada bikin kontruksi buat Parade & Light Instalation "LIGHTFEST" di Bandung 29 Oktober 2017. Reueus lamun dulur proyekna berkelanjutan. Semoga segalanya berjalan lancar.
#art #parade #lighfest #2017 #bandung #sos #sanggarolahseni #instaart #instagood #tbt Nyeket Ki Daus mah bisa kapan saja, tapi nyeket maestro Basuki Bawono sedang melukis model Ki Daus sepertinya akan jadi pengalaman sekali seumur hidup
.
#inktober #inktober2017 #art #painting #painter  #watercolor #inktoberindonesia #instaart #instaartist #instagood #basukibawono #kidaus #instapaint #instapainting #tbt #lfl Bincang Industri Kreatif dengan sohib saat S2 FSRD ITB Kang @yayatkoyak di markas @thepanasdalam . Saat percakapan lebih mengutub ke produksi film untuk Papua  @jnarotama ikut bergabung. Klop atuh lah ... (Nuhun Kang @pidibaiq atas dongeng Helen Sukanta dan tempat yang menyenangkan)
#ngopi #bincangsore #seni #art #creativeindustry #panasdalam #film #papua #instaart #instagood #tbt Saat lewat tanjakan Malangbong Garut, tiba di puncak (desa?) Cipeundeuy. Rehatlah sejenak. Disana banyak gang menuju perkampungan dan ... banyak obyek menarik untuk disket #inktober #inktober2017 #inktoberindonesia #art #drawing #sketch #ink #instaink #instadraw #instaartist #instaart #instagood #tbt Ups banyak juga yg berpartisipasi
#girlsday #girlsdayout #girl #girlday #art #drawing #sketch #instagood #instasketch #tbt #instaart #inktober #inktober2017 #inktoberindonesia Alhamdulillah rumah kedua di Tasik penghilang stress (sekaligus beberapa bulan bikin stress) sudah beres. Saat ditinggal cuma pintu pagar yg belum terpasang dan cat teras pagar masih belang. Sekarang sudah tuntas..tas..tas. Semoga berkah. 
#rumahkedua #cicariang #kawalu  #tasikmalaya Hi Girls, Happy International Day of the Girls on October 11
#art #instaart #girl #happy #girlsday #girlday #internationalgirlsday #sometimes #internationalofthegirlsday #beautiful #cute #smart #lowprofile #free #independent #selfconfidence #winner #inktober #inktober2017 Gang Duka Teuing
#art #drawing #sketch #sketchbook #pen #ink #inktober #instaart #lfl #onthespot #kawalu #tasikmalaya #tbt Bergaya dengan senior @teddy_suchyart & @benjaminkosasih di mural karya Guru-guru Seni Rupa 3 Negara (indonesia Malaysia Singapura)
#art #painting #exhibihition #mural #teacher #indonesia #malaysia #singapura #rumpun #instaart #instagood Paageung- ageung huap saat Botram Liwet Kebersamaan menjelang penutupan Pameran Rumpun 3 Negara #2
#closing #art #painting #exhibihition #3 #negara #malaysia #indoneaia #singapura Botram Ngampar neda "Liwet Kebersamaan" saat penutupan Pameran Rumpun 3 Negara Jilid #2 (Indobesia, Malaysia, Singapura)
#art #closing #painting #exhibihition #rumpun #3 #indonesia #malaysia #singapura Bareng Maestro & Karyannya
#art #painter #exhibition #soekarno #instaart #instagood #painting #basukibawono #bankzoel #iyariyana #tbt #lfl Satu Dua Satu Dua .... Juara
#game #traditional #dies #diesnatalis #fikomunpad #2017 #hbd #tbt #lfl

Pengunjung Blog

  • 60,083 hit

Pengunjung Online

%d blogger menyukai ini: